Meningkatkan Komoditi Kedelai Lokal Petani yg didukung Teknologi

posted in: Informasi | 0

Produk kedelai lokal sebagai bahan olahan pangan berpotensi dan berperan dalam menumbuhkembangkan industri kecil menengah dan meningkatkan potensi daerah dalam mewujudkan ketahanan dan keamanan pangan di Indonesia serta dalam rangka pengentasan kemiskinan di Indonesia.

kedelai 1

Faktor harga kedelai lokal yang dibawah Harga Pokok Produksi dikarenakan harus bersaing dengan harga kedelai import tidak hanya satu satunya faktor yang menjadi penyebab semakin menurunnya produksi dan budidaya kedelai oleh petani.A� Dukungan teknologi dan Manajemen sangat dipentingkan dalam upaya pengembangan ketersediaan kedelai lokal bagi industri dan pengrajin olahan kedelai dan penanaman kedelai di Kawasan Sentra Produksi Kedelai dalam rangka mempersiapkan ketahanan dan swasembada komoditi kedelai. Juga kesadaran dari masyarakat dan pengrajin yang mengolah kedelai sebagai bahan baku bahwa kedelai lokal bersifat lebih murni dan lebih aman sebagai pangan yang menyehatkan dibanding kedelai import yang bersifat rekayasa genetik (GMO).

Diperlukan adanya sistem yang dapat memberikan solusi untuk dapat memberdayakan kembali kedelai lokal dan upaya membendung minimumnya dapat mengurangi jumlah kdelai import ke tanah air berupa management pengendalian ketersediaan kedelai lokal. Optimalisasi dari pengendalian ketersediaan kedelai lokal dapat berdampak bukan hanya pada pengurangan jumlah impor kedelai dari luar namun juga dari sisi kesehatan mengingat kedelai varietas unggul Indonesia yang bersifat Non GMO dan dari sisi ekonomi.

Leave a Reply